Pages

Banner 468 x 60px

 

Sabtu, 05 Mei 2018

Pantai Karang Tawulan: Keindahan Alam yang Masih Perawan

0 komentar
Sumber: dokumen pribadi
Pantai merupakan daratan yang berada pada bagian perbatasan antara lautan dengan pulau. Pantai identik dengan banyak hal seperti hamparan pasir, bebatuan karang dan koral, pohon kelapa, tempat berenang dan lain sebagaianya. Indonesia merupakan negara maritim. Jadi, tak heran Indonesia memiliki banyak pantai yang indah dan menakjubkan baik yang sudah dijadikan tempat wisata maupun yang belum terjamah. 
Akibat keindahan alamnya yang menakjubkan, wisata pantai tak pernah sepi dari pengunjung. Suasana pantai seperti debur ombak, hamparan pasir, serta karang-karang yang menghiasinya secara tidak langusng menjadi senjata pemikat yang terus menarik banyak wisatawan. Berwisata ke pantai seperti telah menjadi tradisi ketika hari-hari libur telah tiba. Seperti libur lebaran, liburan sekolah, bahkan dihari-hari libur yang lainnya. Mereka seperti tidak ada bosan-bosannya untuk pergi berlibur ke pantai.
Pantai Karang Tawulan? Mungkin bagi sebagian orang nama pantai ini masih terdengar asing. Tapi siapa sangka pantai yang memiliki julukan pantai yang masih perawan ini memiliki pesona dan daya pikat luar biasa yang membuat orang-orang untuk terus kembali dan kembali untuk mengunjunginya. Dikatakan masih perawan karena pantai ini masih belum banyak orang yang mengunjunginya dan keindahannya benar-benar alami. Pantai ini bisa dikatakan salah satu pantai yang memiliki keindahan alam cukup menakjubkan yang ada di jalur selatan wilayah Jawa Barat.
Lokasi dan Rute Pantai Karang Tawulan
Pantai Karang Tawulan berlokasi di Desa Cimanuk, Kecamatan Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya. Jika menempuh perjalanan dari pusat Kota Tasikamalaya jaraknya sekitar 90 kilometer dan rutenya yaitu pertama bisa menggunakan rute Tasikmalaya-Karangnunggal-Cipatujah. Jika menggunakan rute pertama ini kita akan melewati objek wisata Pantai Sindangkerta dan Pamayangsari. Kedua bisa menggunkan rute Tasikmalaya-Salopa-Cikatomas-Cikalong. Kedua rute tersebut memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Jika memakai rute pertama kelebihanya yaitu memiliki akses jalan yang bagus dan kelebihannya yaitu memiliki jarak yang jauh untuk menuju Pantai Karang Tawulan. Sedangkan rute kedua kelebihannya yaitu memeliki jarak yang cukup dekat menuju Pantai Karang Tawulan dan kelemahannya yaitu akases jalannya cukup jelek. Di daerah Salopa akses jalannya cukup bagus tetapi ketika sudah sampai di daerah Cikatomas akses jalannya sedikit memprihatinkan. Banyak lubang-lubang besar dan batu kerikil yang berserakan menghiasi jalan raya daerah ini. Tapi jangan khawatir, apabila sudah sampai ke daerah Cikalong, akses jalannya sudah bagus kembali.


Suasana Keindahan Pantai Karang Tawulan



Sumber: dokumen pribadi

Ketika sudah masuk ke Pantai Karang Tawulan kita akan disambut dengan suasana alami dan sepi seperti bukan lazimnya tempat wisata. Sejauh mata memandang terlihat sejumlah karang yang menujulang tinggi diterpa gelombang laut selatan. Suara gemuruh ombak yang menggelagar telah menjadi ciri khas bagi pantai ini. Meski sesekali alunan terpaan gelombang ombak pada batu karang tersebut terdengar cukup menyeramkan.
Dari atas tebing yang dikelilingi pagar putih kita bisa melihat hamparan samudra yang luas dan membuat mata yang memandangnya enggan untuk berkedip. Dari atas tebing tersebut kita dapat leluasa untuk melihat keindahan alam yang dimiliki oleh pantai ini. Selain itu ketika sedang menikmati pemandangan alamnya kita seakan diajak untuk merenungi kehidupan. Sejanak pikiran terasa ringan terlepas dari beban. Terpaan angin dari samudra seolah telah mengambil kepenatan yang terkandung dalam pikiran.
Area Pantai Karang Tawulan ternyata cukup luas. Tidak hanya bisa melihat lautan dari atas tebing saja, kita bisa turun ke pantainya langusng dengan melewati tangga-tangga yang cukup banyak. Di tepi pantai kita kita akan banyak melihat batu-batu karang yang cukup besar serta tajam. Kita juga bisa menaiki batu karang tersebut, tetapi harus hati-hati dan jangan dengan keadaan kaki telanjang jadi harus memakai sepatu atau sandal agar kaki kita tidak tersayat atau tertusuk batu karang. Di sela-sela batu karang kita bisa menemukan umang-umang atau ketam kecil dari laut yang disukai oleh anak-anak. Kita bisa mengambilnya dengan bebas dan bisa dibawa pulang.


Sumber: dokumen pribadi
Disebelah kiri tebing terdapat pantai tanpa karang yang bisa kita nikmati untuk berenang. Gelombang ombaknya cukup kencang, kita harus hati-hati jika ingin berenang disana, sebab takut nantinya tenggelam dan terbawa oleh ombak. Jika terus menysuri pinggir pantai ini, kita akan menemukan dermaga yang saat ini pembangunannya belum selesai dan di pinggir dermaga ini ada batu besar yang menyerupai kodok. Daerah pantai ini diberi nama Batu Bangkong yang termasuk ke dalam area objek wisata Pantai Karang Tawulan.
Saat menjelang petang alam Pantai Karang Tawulan telah memberikan pemandangan yang sangat luar biasa indah. Sekawanan burung camar berarak untuk pulang menuju sarangnya di Nusa Manuk, pulau kecil di tengah laut Pantai Karang Tawulan. Panorama keindahan matahari yang tenggelam disertai kepakan sayap burung-burung camar yang melintas bagaikan pertunjukkan alam dengan akhir yang manis dan membuat orang yang menyaksikannya termangu dengan kesan yang sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata. Saat menikmati panorama pantai ini secara tidak langsung alam telah mengajak kita untuk terus mengingat karunia ciptaan Tuhan yang harus selalu kita syukuri. Pantai ini mengarjakan kita untuk terus merenungi kehidupan serta mensyukuri dan menikmati indahnya karunia ciptaan Tuhan.

Suasana Perjalanan Menuju Pantai Karang Tawulan

Sumber: dokumen pribadi
Suasana perjalanan menuju ke Pantai Karang Tawulan cukup menarik untuk diceritakan. Sebelum sampai ke Karang Tawulan tidak ada salahnya kita mampir dulu ke Pantai Pangkalan untuk rehat sejenak yang berada dijalur yang sama menuju Pantai Karang Tawulan. Di sebrang pantai ini ada kawasan hutan mahoni yang cukup lebat. Pohon-pohonnya menjulang tinggi dan hijau rindangnya menyejukkan mata. Angin yang berhembus sepoi-sepoi bercampur dengan nafas pohon rindang memberikan sensasi seditkit dingin. Berada di pantai ini mata seakan terus dimanjakan dengan keindahannya hingga enggan untuk beranjak. Dengan keindahannya yang cukup menyilaukan, daerah pantai ini sangat cocok sekali untuk dijadikan spot poto yang menarik. Setelah bertanya ke penduduk sekitar, ternyata dulu kawasan pantai ini merupakan objek wisata yang setiap tahunnya ramai dikunjungi banyak orang untuk berenang. Namun sekarang sudah tidak dijadikan lagi sebagai objek wisata. Pantai tersebut telah diambil alih oleh proyek pertambangan pasir besi. Akibat adanya proyek ini, Pantai Pangkalan mengalami abrasi dan akhirnya proyek inipun diberhentikan. Meskipun mantan objek wisata yang telah dikeruk kekayaan alamnya, pantai ini masih memiliki pesona yang tetap memikat orang yang melintasinya. Tidak hanya keindahan pantai dan hutannya, pohon-pohon tinggi yang memiliki daun-daun rindang turut menghiasi sepanjang pinggiran jalannya. Akibat lengkungan dahan-dahannya yang menjorok ke jalan, selintas jalannya terlihat seperti terowongan yang teduh dengan binitk-bintik cahaya menerpa aspal jalanan. Pemandangan tersebut meninggalkan kesan yang manis sekali.


Fasilitas di Pantai Karang Tawulan

Sumber: dokumen pribadi
Fasilitas di Pantai Karang Tawulan cukup lengkap. Terdapat lahan parkir yang cukup luas, toilet yang bersih dan juga masjid yang cukup besar. Untuk tempat sampah umum masih sedikit sekali. Disamping itu terdapat gardu pandang dan beberapa gazebo di spot-spot yang strategis untuk meikmati keindahan sekitar pantai. Di beberapa lokasi ada pagar pengaman yang sudah rusak dan satu gazebo yang atapnya sudah tidak ada.
Harga tiket masuk wisata Pantai Karang Tawulan yaitu Rp 3.500 per orang dan parkir Rp 2.000 per kendaraan. Untuk penginapan di pantai ini belum tersedia. Tetapi terdapat bebrapa penginapan kecil di sepanjang jalan jalur selatan yang tidak jauh dari lokasi. Selain itu kita juga bisa berkemah di area atas Pantai Karang Tawulan.






















0 komentar:

Posting Komentar

 
Jurnalis Muda © DKP (Mala) - 2018