Pages

Banner 468 x 60px

 

Sabtu, 10 Februari 2018

LAYANANAN PUBLIK YANG KURANG ASYIK

0 komentar
Layanan publik ialah suatu pelayanan yang berbentuk barang atau jasa publik yang menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh pemerintah dinas atau pemerintah daerah.

Seperti pernyataan tersebut, di negeri ini pun diberikan beberapa fasilitas layanan publik oleh pemerintah yang dapat digunakan seluruh masyarakat Indonesia. Berbagai macam layanan publik itu termasuk pelayanan barang atau jasa. Layanan yang telah diberikan dan difasilitasi oleh pemerintah diharapkan dapat membantu kebutuhan serta mempermudah kebutuhan masyarakat. Beberapa layanan yang dapat digunakan misalnya dari segi pendidikan, air bersih, jalan tol, listrik, pengadministrasian, jasa pos, jasa pemadam kebakaran, transportasi umum, fasilitas rekreasi, pelayanan kesehatan, dan masih banyak lagi layanan publik yang lainnya.

Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sudah berusaha memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat, namun selalu saja ada oknum-oknum yang mengambill keuntungan dari layanan publik ini. Mereka yang tak bertanggung jawab seakan tak peduli dengan kesusahan rakyatnya yang sangat membutuhkan. Semisal pendidikan, pendidikan di Indonesia belum sepenuhnya rata mendapatkan pendidikan yang layak bagi anak-anak penerus bangsa yang akhirnya banyak anak yang tak dapat merasakan bangku sekolah. Banyak di daerah pelosok dan terpencil yang belum memiliki fasilitas bangunan sekolah yang layak untuk mereka pakai sebagai tempat belajar. Berjalan berkilo-kilomil seakan sudah menjadi kegiatan mereka sehari-hari hanya untuk mendapatkan pendidikan. Masih ada semangat di diri mereka untuk belajar, meski sulit tetap mereka jalani. Pendidikan seharusnya menjadi dasar yang kuat untuk melanjutkan kehidupan yang layak dan mampu membangun Indonesia yang lebih baik.

Tak hanya layanan pendidikan, banyak masyarakat yang mengeluh pada layananan kesehatan. Sudah banyak kejadian miris yang terjadi akibat oknum kesehatan yang tak bertanggung jawab dan memandang rendah pada masyarakat yang kurang mampu. Banyak orang yang meninggal karena telat ditangani hanya dengan alasan biaya perawatan yang tak mereka miliki. Bukankah sekarang sudah ada BPJS? Ya benar, namun kenyataannya berobat dan melakukan perawatan menggunakan BPJS cukup merepotkan. Bahkan ada beberapa layanan kesehatan yang akan mengenyampingkan mereka apabila berobat menggunakan BPJS. Tak sedikit masyarakat yang lebih memilih merawat keluarga atau kerabat mereka yang sakit hanya di rumah dengan perawatan seadanya saja karena masih merasa terbebani biaya yang mahal dan kerepotan dengan BPJS.

Selain layanan pendidikann dan layanan kesehatan, layanan transportasi umum juga menjadi layanan publik yang membantu aktifitas masyarakat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Namun, permasalahan yang sedang banyak dibicarakan mengenai transportasi umum ini ialah adanya transportasi online. Masyarakat yang menyambut dengan baik adanya transportasi online, namun berbanding terbalik dengan para sopir yang menjalankan transportasi umum tersebut. Mereka merasa lahan rezeki yang biasa didapat telah direbut oleh para pengemudi transportasi online. Selain itu, transportasi umum seperti kereta api, kapal laut serta pesawat pun ada beberapa fasilitas yang kurang layak digunakan. Misalnya stasiun yang kurang terawat, gerbong kereta yang sudah tidak layak, atau pada kapal laut yang memili pelabuhan serta beberapa kapal yang sudah tidak layak untuk dijalankan karena akan terlalu banyak resiko jika memaksakan. Indonesia yang memiliki bandara internasional pun ada beberapa layanan yang kurang baik, entah itu dari bandara atau pelayanan dari masing-masing maskapai yang kurang baik bahkan ada yang bertindak tidak sopan. Bukan hanya dari pegawainya saja, bahkan ada beberapa berita yang menyatakan bahwa pilot dan co-pilot dari beberapa maskapai terbukti menggunakan dan mengonsumsi narkoba, sabu-sabu, ganja dan semacam yang seperti itu. Perbuatan seperti itu telah sangat menyalahi aturan yang ada.

Bukan hanya kekurangan saja yang terdapat pada layanan publik, namun kemajuan serta kelebihan layanan publik pun semakin meningkat terutama pada fasilitas rekreasi (pariwisata). Membicarakan tempat wisata, Indonesia memiliki ribuan bahkan mungkin lebih tempat wisata di seluruh Indonesia baik wisata alam ataupun taman bermain. Pada saat ini banyak bermunculan tempat wisata-wisata terbaru di daerah karena kekreatifan serta pemanfaatan tempat yang dikelola oleh para pemuda serta masyarakat sekitar. Sehingga masyarakat daerah pun tak perlu pergi jauh-jauh jika ingin piknik bersama teman, kerabat atau keluarga. Selain di daerah, di kota-kota besar pun sudah banyak membangun dan mengelola tempat wisata terbaru untuk menarik minat wisatawan lokal maupun asing. Misalnya di daerah Jawa Barat, bukan hanya saja terkenal dengan udaranya yang sejuk dan menyegarkan, namun disana saja sudah banyak sekali tempat wisata alam maupun taman bermain. Pemerintah daerah Jawa Barat berusaha membangun tempat-tempat wisata yang murah namun tetap mengasyikkan untuk dikunjungi, sehingga pendapatan daerah semakin meningkat karena banyaknya wisatawan yang mengunjungi kota-kota di Jawa Barat.

Selain itu, Indonesia sangat terkenal dengan wisata alam dan terkenal dengan lautnya yang sangat indah. Bali misalnya, Bali sudah menjadi destinasi wisata internasional, banyak wisatawan asing yang jatuh cinta dengan keindahan alam dan lautnya. Sekarang pun bukan hanya Bali yang terkenal, namun Lombok, Bunaken, dan hampir lautan di Indonesia menjadi destinasi wisata yang indah dan cocok untuk dikunjungi. Hal ini akan menjadi pendapatan negara akan semakin meningkat. Sekarang, kita sebagai penerus bangsa dan masyarakat yang memiliki jutaan kekayaan di negeri ini harus merawatnya dengan baik. Terus mengembangkan potensi yang ada dan tetap menjadikan Indonesia menjadi negara yang sukses, baik dalam ekonomi, sosial, politik sampai ke sektor wisata yang akan menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang maju dan tetap bahagia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Jurnalis Muda © DKP (Mala) - 2018