Pages

Banner 468 x 60px

 

Sabtu, 06 Januari 2018

10 Tips Agar Lulus Kuliah Cepat

0 komentar


Sumber: tribunnews.com

Mahasiswa dari perguruan tinggi Negri maupun Swasta biasanya menganggap kuliah itu hanyalah melanjutkan tingkat sekolah dari Sekolah Menengah Atas (SMA), seperti halnya lulus Sekolah Dasar (SD) lalu melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mahasiswa berleha-leha dan tidak serius utuk berkuliah. Jangan kaget jika banyak mahasiswa yang harus mengulang mata kuliah dengan berkali-kali. Bahkan, ada yang lambat lulus kuliah, yang sering disebut MA (Mahasiswa Abadi), hingga mahasiswa tersebut harus terkena Drop Uot dari kampus, biasanya ini terjadi di kampus yang bersetatus Negri.

Jika saat ini sedang kuliah tingkat diploma, S-1, atau pascasarjana. Sekarang saatnya memahami bahwa kuliah itu berbeda dengan SMP atau SMA. Cepat atau tidaknya lulus kuliah, kalian sendiri yang akan menentukannya, seberapa gigih dan serius belajar dalam mengatasi tantangan perkuliahan.

Nah, agar lulus kuliah tepat waktu dan sesuai dengan target, maka bacalah tips di bawah ini.



1. Rajin Kuliah
Strategi pertama yaitu dengan kamu rajin kuliah. Mengapa? Karena dengan rajin kuliah, dapat memperoleh lebih banyak ilmu dan pengetahuan. Biasanya yang menjadi penyebab malas kuliah adalah jadwal kuliah, contoh masuk kuliah pukul 07.00 – 09.00 WIB, kemudian mendapatkan jam kosong hingga pukul 15.30 WIB, dan masuk kuliah kembali hingga pukul 18.00 WIB. Biasanya hal inilah yang membuat mahasiswa kemudian jarang masuk kelas karena merasa malas.

2. Cari Tahu Tentang Aturan/Prosedur Kuliah di Kampus
Apakah di jurusan bisa mempersingkat periode kuliah, menjadi 7 atau bahkan 6 semester? Terus, apa saja persyaratan yang harus dipenuhi jika ingin lulus lebih cepat? Misalnya, wajib lulus 144 SKS termasuk skripsi dan melengkapi sejumlah berkas administratif. Jangan sampai ketinggalan informasi atau kudet alias kurang update mengenai info ini.

3. Nilai harus di atas minimal

Nggak hanya sekedar lulus, tetapi nilai yang diperoleh pun harus bagus. Mengapa? Karena percuma kalau kamu berhasil lulus mata kuliah tapi nilainya pas-pasan, apalagi jika tidak menguasai ilmunya. Nilai IP (umumnya) berpengaruh ke SKS yang bisa kamu ambil pada semester berikutnya. Misalnya, IP di bawah 3.00 hanya boleh mengambil 18 SKS, 3.00-3.50 22 SKS sedangkan 3.51 ke atas 24 SKS.

4. Mempunyai Motivasi

Agar termotivasi menyelesaikan masa studi tepat waktu, cobalah pikirkan masa depan seperti apa yang selama ini diinginkan, menjadi pengusaha?, pegawai?, pedagang?, petani?. Yang pasti harus sudah terpikirkan sejak masih duduk dikursi kuliah. Dengan berpikir jauh ke depan, tentunya akan memiliki tujuan hidup yang tentunya akan memotivasi untuk lulus kuliah tepat waktu. Bangku perkuliahan merupakan persiapan besar untuk mewujudkan cita-cita di masa depan.

5. Pikirkan Biaya

Biaya kuliah saat ini sudah semakin mahal. Oleh karena itu, pikirkan beban yang harus ditanggung orang tua jika anaknya berkuliah lebih lama dari yang semestinya. Berapa biaya hidup yang harus mereka keluarkan, biaya tempat tinggal, dan lain-lain jika tempat tinggalnya jauh. Walau pun kuliah menggunakan beasiswa. Pikirkan bahwa semakin lama berkuliah, bisa saja beasiswa akan dicabut.

6. Pandai Memilih Teman

Memilih teman saat kuliah itu memang sangat penting, maka harus cerdas memilih teman yang dapat membangun motivasi agar cepat lulus kuliah dan bisa bekerja lebih cepat. Bertemanlah dengan orang-orang yang rajin, sehingga sadar atau tidak sadar, ketika berada di dekatnya akan merasa malu jika tidak belajar dan tidak mengerjakan tugas dengan mandiri. Bergaul dengan teman yang rajin berarti telah berhasil mengelilingi diri dengan energi positif. Perlu diingat cara ini tidaklah sulit untuk dilakukan. Berorganisasi di kampus merupakan bagian yang penting pula. Tapi sebaiknya cari organisasi yang sesuai dengan jurusan dan orang-orangnya pun baik-baik. Karena biasanya teman organisasi akan lebih dekat dari pada teman kelas.

7. Mengerjakan tugas tepat waktu
Berbeda dengan sekolah, tugas kuliah merupakan hal yang cukup signifikan berpengaruh pada nilai akhir suatu mata kuliah. Oleh sebab itu, cobalah untuk selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen dengan mandiri, jangan pernah mengandalkan jasa orang lain kemudian membayarnya.

Tugas yang diberikan dosen walaupun terkadang terasa sangat sulit, namun sangat baik untuk melatih mental dalam menghadapi tantangan, dan akan lebih mengerti secara mendalam mengenai mata kuliah yang telah diambil.

8. Banyak bertanya pada senior

Biasanya banyak senior yang lulus cepat, pengalaman mereka bisa jadi contoh yang baik untuk ditiru. Biasakan dekat dan banyak bertanya pada senior, ciptakan hubungan baik dengan mereka, jika kita baik dan memulainya dengan baik pasti mereka pun akan baik. Senior bisa memberi tips dan info yang nggak bisa didapatkan dari buku atau Google. Contohnya, mata kuliah apa saja yang direkomendasikan diambil supaya bisa lulus lebih cepat. Atau dosen pembimbing mana yang paling mendukung mahasiswanya untuk cepat lulus.

9. Dahulukan Urusan Kuliah

Ketika sudah memasuki bangku kuliah, kegiatan di jam kosong cukup banyak bentuknya. Bisa saja mengerjakan tugas, mengerjakan urusan organisasi, atau bahkan mengobrol dan berjalan-jalan dengan teman kuliah. Pada bagian ini harus bijak dan tegas untuk menolak segala ajakan yang kemungkinan akan mengganggu jam kuliah dan membuat fokus kuliah menjadi terpecah. Agar mengenakan toga tepat waktu, dahulukan urusan kuliah di atas urusan-urusan lainnya. Jangan membuat alasan yang membenarkan diri sendiri untuk bersenang-senang sekarang, namun akan menyesal kemudian hari karena terlambat lulus kuliah sehingga tertinggal oleh teman-teman yang dulu masuk kuliah bareng.

10. Mengerjakan skripsi lebih awal

Mengerjakan skripsi lebih awal merupakan bagian penting agar cepat lulus kuliah. Mesti curi star saat mengerjakan skripsi. Ketika teman-teman baru mencari-cari judul ketika deadline. Kalian sudah tidak harus pusing-pusing lagi karena sudah mengerjakan sejak semester-semester awal. Intinya jangan santai-santai mengenai tugas akhir yang akan menentukan cepat lulus atau telat lulus.

Demikianlah 10 tips agar lulus kuliah dengan cepat dan tepat dengan target awal. Selain bisa mencoba 10 tips di atas tentunya harus meminta restu orang tua, banyak berdoa, dan fokus untuk meraih masa depan yang cerah. Semoga perjalanan kuliah dan lulus dengan cepat bisa berjalan lancar iya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Jurnalis Muda © DKP (Mala) - 2018