Pages

Banner 468 x 60px

 

Selasa, 02 Januari 2018

Dampak Pendidikan Zaman Now

0 komentar
Pendidikan merupakan bagian terpenting bagi kehidupan manusia. Hal ini yang menjadikan pendidikan sebagai kebutuhan utama yang harus dimiliki oleh setiap manusia. Oleh sebab itu, manusia harus terus belajar mulai dari sejak lahir hingga meninggal dunia. Jika setiap orang memiliki pendidikan yang baik, maka orang tersebut tidak akan merasa kesulitan untuk mengembangkan ilmunya. Banyak orang yang rela tinggal jauh dari keluarga, hingga mereka harus makan sedanya, tempat tinggal yang seadanya, beradaptasi dengan lingkungan baru, dan banyak yang harus mereka penyesuaian dengan pola hidup yang baru. Mereka dapat menerima nilai-nilai atau naorma-norma yang digunkan dan berlaku di masyarakat, sekolah, dan lingkungannya. Pendidkan juga membuat manusia menjadi lebih cerdas dan menjadi lebih terhormat jika mereka menerapkan hasil pendidikannya untuk bersosial. Seberapa pentingkah pendidikan?, dan mengapa pemerintah selalu berupaya agar semua rakyat berpendidikan?, hal ini terjadi karena, hampir semua aspek di dunia dipengaruhi oleh pendidikan. Agar lebih konkret dan jelas, berikut adalah sebagian kecil aspek kehidupan yang dipengaruhi oleh pendidikan.

Pendidikan akan mempengaruhi dunia kerja yang akan diemban oleh setiap manusia. Setiap manusia dituntut untuk memiliki keterampilan dibidangnya dengan penguasaan yang maksimal. Pada mula-mulanya, perusahaan akan melakukan wawancara sebelum menerima karyawan, yang akan dibekerjakan diperusahannya. Di dalam proses wawancara ini, akan ada beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan latar belakang pendidikan. Dengan memiliki latar belakang pendidikan yang baik, akan membantu setiap orang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya, dengan pendapatan yang besar dan mencukupi kebutuhannya sehari-hari. Maka akan berbanding terbalik, jika tidak memiliki latar belakang pendidikan yang baik, manusia akan sulit mendapatkan pekerjaan. Oleh sebab itu, pendidikan sangat berpengaruh dalam dunia kerja. Walau sebenarnya masih banyak orang yang berpendidikan rendah akan tetapi memiliki pekerjaan yang baik, hanya itu jarang ada.

Pendidikan akan membantu manusia untuk mendapatkan uang. Jelas manusia yang berpendidikan lebih berguna bagi masyarakat akan mudah untuk menghasilkan uang, seperti dokter, guru, pramugari, pengusaha, desainer, dan lain-lain. Hal ini dikarenakan mereka memiliki sesuatu yang menjual yaitu keterampilan. Hanya dengan menggunakan keterampilan, mereka bisa menghasilkan uang yang cukup, walau kenyataanya masih banyak orang yang memiliki pekerjaan yang baik dan upah yang besar akan tetapi mereka masih merasa kekurangan. Terlebih lagi, mereka juga tidak perlu bekerja dengan sangat keras menghabiskan seluruh tenaga karena mereka menggunakan otak bukan otot. Hal ini berbeda dengan manusia yang tidak memiliki pendidikan. Mereka bekerja hanya dengan mengandalkan kekuatan otot saja, seperti kuli bangunan, buruh sawah, dan lain-lain, orang tersebut akan bekerja sangat keras, tetapi mendapatkan upah yang kecil. Oleh karena itu, kurangnya tingkat pendidikan dan ketidaksadaran akan pentingnya pendidikan, mungkin hal ini yang menjadi faktor utama penyebab kemiskinan disetiap negara. Alangkah lebih baik jika semua manusia di dunia ini bisa mendapatkan pendidikan yang layak dan baik untuk kehidupan yang lebih baik.

Pendidikan memiliki peran yang penting dalam hal komunikasi. Sebagai seorang manusia yang baik sangatlah penting untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan manusia lain yang berada didekatnya. Seseorang semestinya harus mengetahui sikap bagaimana berinteraksi yang baik dengan orang lain, baik melalui bahasa tubuh maupun dengan kata-kata yang semestinya tanpa menyinggung atau melukai hati orang lain. Ketika berbicara dengan orang lain, sangat dianjurkan untuk memperhatikan bahasa tubuh, jangan sampai menunjukan bahasa tubuh yang tidak sopan kepada lawan bicara. Begitu juga dengan kata-kata, manusia harus memiliki kemampuan untuk memilih bahasa yang baik dan benar. Hal ini dikarenakan manusia yang berpendidikan akan menjunjung tinggi nilai-nilai kesopanan. Oleh karena itu, cara manusia berbicara menunjukan kepribadian mereka. Seperti halnya pepatah “mulutmu harimaumu” artinya segala perkataan yang telah diucapkan, apabila tidak dipikirkan terlebih dahulu dapat merugikan dirinya sendiri.

Pendidikan mempengaruhi zaman. Saat ini manusia hidup di zaman yang serba modern, sehingga segala sesuatunya menjadi lebih canggih dan mudah termasuk teknologi seperti hp android, laptop, komputer dan lain-lain. Tehnologi kini memenuhi kehidupan manusia, apalagi saat ini seolah-olah hp bagian terpenting dari kehidupan manusia yang tidak bisa terlepaskan, bahkan alat-alat sederhana seperti menyaduh kopi, mengepel telah menggunakan teknologi. Akibat dari meningkatnya perkembangan teknologi ini, perlu ilmu untuk mengimbanginya. Hal ini dikarenakan untuk menguasai teknologi atau mengoperasikan teknologi cukup sulit. Kita harus memiliki pengetahuan untuk menggunakannya. Contoh ada orang yang memiliki hp android, akan tetapi orang tersebut hanya menggunakannya untuk menelepon dan sms saja, padahal banyak yang bisa dipakai dengan hp androidnya itu, seperti membuka internet. Dengan memiliki pendidikan yang baik, akan mampu dengan mudah menggunakan teknologi dan mengambil manfaat yang sangat banyak dari teknologi tersebut. Sebaliknya, jika manusia tidak memiliki pengetahuan tentang teknologi atau yang sering disebut gaptek alias gagap teknologi, mereka akan tertinggal dan tidak bisa mengambil manfaat dari teknologi.

Pendidikan berpengaruh terdahap kesuksesan hidup. Manusia yang sukses merupakan manusia yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Dengan kata lain, mereka bisa membantu manusia lainnya. Karena orang yang memiliki pendidikan yang baik, bisa membantu orang lain dengan ilmu atau keahlian yang dimiliki dengan mudah tanpa mengalami kesulitan seperti orang-orang yang tidak mengetahui apa yang bisa mereka lakukan.

Pendidikan sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia, karena pendidikan mempengaruhi segala aspek kehidupan yang dijalani oleh setiap orang. Diantaranya adalah pendidikan bisa mempengaruhi dunia kerja, membantu manusia menciptakan kemakmuran bagi dirinya, mempengaruhi cara komunikasi, berperan dalam perkembangan zaman, dan mempengaruhi kesuksesan manusia di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Jurnalis Muda © DKP (Mala) - 2018