Pages

Banner 468 x 60px

 

Senin, 26 Februari 2018

Modifikasi Motor Menjadi Trend Pemuda Zaman Sekarang

0 komentar

Tahukah kamu? Hobi yang digandrungi pemuda saat ini? Ya, hobi anak muda pada jaman ini banyak yang menyukai dengan dunia otomotif¸ salah satunya motor custom, ya motor custom ini sedang naik daun karna banyak builder tanah air yang membuat motor berbentuk yang menarik bahankan mereka rela mengeluarkan uang lebih untuk membuat motor custom tersebut, beragam bentuk dan jenis motor custom ada model café racer, japstyle, scrambler, chooper, dan masih banyak lagi. Contohnya motor custom yang menarik milik bapak presiden kita yaitu model motor chooper yang di buat oleh builder tanah air yang memiliki basic dari motor royal enfield.

Kita semua pastinya punya kesibukan sehari-hari. Nah, disela waktu kesibukan itu, seharusnya kita harus ada sesuatu yang disebut dengan refresing. Refresing itu tidak selalu dalam bentuk liburan. Apapun yang membuat kita nyaman, itu adalah refresing. Arti refresing kan sesuatu yang kembali membuat kita segar. Membuka facebook juga refresing, asalkan dibukanya setelah anda menyelesaikan pekerjaan anda. Kalau kerjaannya buka facebook dari pagi sampai sore, ya itu bukan refresing lagi namanya.

Saya keingat dengan perkataan Mas Zaky (CEO BukaLapak), main koding saja bisa jadi refresing buat dia. Kebayang kan? Makna refresing itu ternyata sangat luas. Meski bagi saya Mas Zaky refresing dengan cara yang gila. Apakah benda bisa jadi objek refresing? Tentu bisa. Kembali lagi makna refresing, apapun yang bisa membuat otak dan pikiran terhibur. Contohnya saya, motor adalah bentuk objek refresing bagi saya. Bukan saja saat mengendarainya, tapi ketika saya merakit motor dari nol, dari rongsokan hingga dapat dikendarai dan berseni tinggi. Seorang lelaki memang begitu, punya cara refresingnya sendiri-sendiri. Membangun sesuatu yang di-idamkan, menikmati prosesnya, itu adalah refresing bagi laki-laki.

Yuk mari ikut saya membahas sedikit tentang aliran-aliran motor klasik.

1. Café Racer

Kalau bisa dibilang, café racer ini adalah konsep dengan gaya motor balap zaman dulu. Ciri khas yang paling menonjol adalah stang jepit dan jok dengan belakang seperti bentuk pantat tawon. Tangki jenis motor ini sering dibuat bentuk ramping dan memanjang.

Konsep ini paling banyak diminati di Eropa, karena memang keren loh. Cuma untuk bikin motor ini tidak boleh setengah-setengah, harus matang. Karena kalau gagal, bukannya keren, malah jadi lucu.

2. Japstyle

Aliran Japstyle ini yang paling banyak digemari di kota-kota besar di Indonesia, misalkan Jakarta, Bandung,dan Yogyakarta. Alasannya beragam, tapi kalau menurut saya Japstyle memang sangat cocok digunakan di Indonesia, karena mampu bermain di medan apapun. Ciri khas Japstyle terletak pada tangki semi trail, tangki menyerupai motor Harley D. (tears drop), namun tangki versi mininya, dan jok yang melempang datar.

3. Bobber

Ini konsep yang benar-benar lakik, tapi sayangnya untuk costum motor Bobber harus memiliki mesin ukuran besar, karena kalau mesin kecil bakalan ngga cocok. Ciri khas Bobber terletak di ukuran ban depan belakang yang gede, tangki yang besar, dan jok single potong yang memiliki dudukan lebih rendah.

4. Chopper

Saya sendiri agak sulit membedakan Chopper dan Bobber, karena setiap orang memiliki pandangan yang berbeda untuk kedua jenis motor ini. Menurut saya, Chopper yang saya ketahui memiliki ciri khas dengan ukuran ban depan lebih gede ketimbang ban belakang.

5. Brat Style

Brat Style mempunyai ciri-ciri khusus yang membedakan dengan lainnya, yaitu seperti tangki besar panjang, ban yang besar dan tinggi dengan kembangan klasik, warna umumnya cenderung flat dan gelap, dan lainnya.

6. Scrambler

Scrambler biasanya menggunakan ban yang bermotif kotak atau trail. Knalpot pada scrambler biasanya berada di samping motor. Aliran modifikasi motor custom Scrambler ini yaitu untuk semi off road dan sangat cocok untuk mendaki pengunungan.

7. Flat Tracker

Flat Tracker memiliki tampilan yang memiliki ciri khas diantaranya tangki yang kecil dan buntut yang meruncing.

Nah, ternyata membuat motor custom itu tidak lah mudah loh, karna banyak yang harus di modifikasi oleh karna itu builder harus memiliki konsep sebelum membuatnya, setelah memiliki konsep yang di inginkan customer mulailah builder merombak motor tersebut, yang pertama melepas semua part asli bawaan motor lalu di rubah bagian kerangka motor sesuai dengan konsep yang diinginkan, mulai dari memotong kerangka asli lalu di bentuk dan las kembali sesuai konsep setelah di las di haluskan bekas lasan tersebut.

Setelah bagian kerangka selesai masuk ke tahap pembuatan body seperti tangka, jok, spakbor depan dan belakang, tutup box aki sepasang, setelah pembuatan body selesai, masuk ke tahap bagian pemilihan lampu lampu dari lampu head lamp, stop lamp dan sein kanan kiri. Setelah bagian lampu di seting pada motor untuk membuat bracket lalu ke tahap penyambungan kabel kabel lampu tersebut, setelah semua bagian selesai do seting masuklah ketahap pengecatan motor dari kerang, body, mesin dan Pernik tambahan agar membuat motor tersebut indah, jika selesai pengecatan mulai tahap perakitan kembali semua part yang sudah di ganti, jadilah motor tersebut berubah bentuk dari aslinya menjadi motor custom yang di inginkan customer.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Jurnalis Muda © DKP (Mala) - 2018